Nanas Muda Bikin Keguguran? Sebelum Nuduh yang Bukan-bukan, Simak Dulu Yuk Moms

Scroll down to content
Sahabat Hawa Familiar tifak dengan celetukan ini? Hayo, pasti kamu dari dulu sering banget mendengar perihal nanas muda yang katanya bahaya bagi kehamilan dan bisa bikin keguguran. Sebenarnya, benar nggak sih makan nanas muda saat hamil bisa picu keguguran? yuk simak bareng Hawa 😉
 

 
Sebelum ‘menuduh’ nanas muda sebagai buah penyebab keguguran, ketahui dulu yuk kandungan apa yang memicu munculnya anggapan tersebut.
 
Nanas mengandung enzim bromelain yang bekerja memecah protein dalam tubuh. Bromelain adalah enzim proteolitik yang ditemukan pada bagian batang dan buah nanas.  Nah, karena janin yang baru dikandung terdiri dari sel protein sederhana, maka asupan bromelain diduga dapat memicu perdarahan dan keguguran. Selain itu, bromelain juga diduga merangsang leher rahim untuk melunak dan melonggar sehingga dapat memicu persalinan dini. Ya, ‘tuduhan’ pada nanas muda sebenarnya nggak salah-salah amat. Eits, tapi tunggu dulu, ada kok pengecualiannya.
 
Faktanya, nanas nggak sepenuhnya dapat menyebabkan keguguran asal cara mengonsumsinya benar. Yang berbahaya adalah kalau kalau mengonsumsi enzim bromelain dalam bentuk suplemen!
Bromelain dalam bentuk tablet atau kapsul suplemen memang nggak dianjurkan untuk dikonsumsi ibu selama hamil. Benar bahwa bromelain memecah protein dalam tubuh yang dapat memicu kontraksi dini dan perdarahan abnormal, sehingga dapat meningkatkan risiko keguguran. Tapi dosis bromelain dalam satu buah nanas segar utuh sebenarnya nggak cukup tinggi untuk bertindak sebagai obat yang berdampak pada kehamilan. Jadi anggapan makan seiris nanas bisa bikin langsung keguguran itu keliru ya, Guys!
 
Jadi, kalau makan seiris dua iris nanas dalam satu hari selama masa kehamilan nggak bakal bikin seorang bumil brojol seketika ya! Penggemar nanas bisa lega sekarang, hehe
 
Nah, agar kandungan bromelain murni dalam buah nanas bisa sampai mencapai efek menggugurkan kandungan, seorang ibu hamil harus makan 7-10 buah nanas segar utuh sekaligus. Jadi kalau makan nanas saat hamil dalam porsi secukupnya dan wajar (tak lebih dari 3 porsi per hari) setiap minggu selama hamil, seharusnya nggak membawa dampak buruk pada keselamatan kehamilanmu.
 
Jadi sahabat hawa mau mencoba mengonsumsi nanas tidak ketika hamil?

Yuk Download Aplikasi Hawa di Appstore/Google Playstore sekarang juga! Link Download Hawa: https://l.instagram.com/?u=http%3A%2F%2Fbit.ly%2F2v7DA60&e=ATOFQmVR7KHt0zzNk7bUaKXFL7_0TXynC3N-Q_NLr-VyouAmp778hXkXXN7ecPhdb1Tjd4cTIgs0Y6Ca&s=1

imgpsh_fullsize_anim (10)

HAWA SAHABAT TERBAIK WANITA INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: